Gambaran Tingkat Stres Pelajar SMP Terkait Sistem Pembelajaran Online
Kata Kunci:
learning, stress, student.Abstrak
Stres yang dirasakan oleh pelajar karena adanya perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi sistem pembelajaran online ini dipengaruhi oleh adanya tekanan-tekanan yang terjadi didalam diri pelajar. Tuntutan akademik yang harus diselesaikan oleh pelajar dalam waktu yang singkat membuat pelajar mengalami stres dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik tingkat stres pada pelajar SMPN 1 Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel sebanyak 110 pelajar. Instrument yang digunakan adalah Perceived Stress Scale, analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Gambaran tingkat stres pelajar SMP terkait metode pembelajaran online di SMPN 1 Karang Bahagia Kabupaten Bekasi menunjukkan stres sedang sebanyak (56,4%). Dalam penelitian ini pelajar lebih banyak mengalami stres tingkat sedang, stres yang terjadi disebabkan karena adanya tekanan dan tuntutan dari guru.
Referensi
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Amini, N. A. (2020). Impact of the Covid-19 Pandemic on the Education Sector Especially. Jurnal Pendidikan Psikologi, 4(1), 86–87.
Andhini. (2017). konsep Diri Remaja Pada Masa Pubertas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Chairudin, A. (2020). pengaruh Pembelajaran Online terhadap prestasi siswa. 41–48.
Deliviana, E., Maria Helena Erni, Putri Melina Hilery, & Novi Melly Naomi. (2021). Pengelolaan Kesehatan Mental Mahasiswa Bagi Optimalisasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(2), 129–138.
Fitriani, M. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMP Saat Pembelajaran Daring (Online) di Kota Padang. 3(1), 76–85.
Imran, F. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia.
Indira, I. E. (2016). Stress Questionnaire: Stress Investigation From Dermatologist Perspective. Psychoneuroimmunology in Dermatology, 141–142.
Muslim, M. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211
Panewaty, D. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Dalam Asuhan Nenek Di Smp Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Empati, 7(1), 145–154.
Rohmatillah, W. (2021). Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home. 8, 38–52.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Samsugito, I., & Putri, A. N. (2019). Gambaran Tingkat Stres Sebelum dan Sesudah Terapi Seft pada Remaja di SMAN 14 Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, JKPBK. 2019; 2(2), 2(2), 70–78.
Sutjiato, M., & Tucunan, G. D. K. a a T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1), 30–42.
Syofian, E. F. (2020). Strategi Koping Dalam Menangani Stres Dari Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. 19.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Gusrina Komara Putri, Ikhfa Amelia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.