Literatur Review: Analisis Strategi Manajemen Konflik Perawat Manajer dengan Pendekatan Kolaborasi di IGD RS X Depok
DOI:
https://doi.org/10.58467/ijons.v2i2.39Abstrak
Interaksi yang tinggi dalam profesi perawat menjadi peluang dalam munculnya konflik dalam pekerjaan. Perselisihan internal atau eksternal akibat adanya perbedaan gagasan, nilai, atau perasaan antara dua orang atau lebih merupakan konflik yang tidak terlepas dalam kehidupan perawat. IGD adalah sebuah departemen yang terdiri dari berbagai jenis profesi, dalam melakukan pelayanan kepada pasien. Mobilitas yang tinggi dan kerjasama dari berbagai pihak membuat konflik sering terjadi antara staf. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen konflik dengan pendekatan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan metode literatur review, dengan menggunakan database ProQuest, PubMed, ScienceDirect, Sage Journals dan Scopus. Hasil pencarian didapatkan 176 jurnal setelah dianalisis lebih lanjut dan didapatkan 14 artikel yang ditelaah dengan kriteria membahas topik konsep manajemen konflik, peran dan fungsi manajer dalam konflik, manajemen konflik kolaborasi, konflik kolaborasi, kolaborasi dalam konflik, faktor yang mempengaruhi strategi pemilihan gaya manajemen konflik dengan kolaborasi. Hasil dari studi literatur ini didapatkan bahwa Penyelesaian konflik dilakukan berdasarkan karakteristik serta persepsi seseorang terhadap konflik, gaya kolaborasi dipilih untuk menyelesaikan konflik secara terbuka satu sama lain dan membicarakan permasalahan yang ada. Perbedaan gaya manajemen konflik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asumsi mengenai konflik, kecerdasan emosional, kepribadian individu, pola komunikasi dalam interaksi konflik dan keterampilan komunikasi.
Referensi
Aulia Rahma, M., & Budi Lestari, S. (2020). Manajemen Konflik Organisasi untuk Menjaga Komitmen dalam Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro. Interaksi Online, 8(1), 202-232. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/26454
Doris, A. (2019). Analisis Hubungan Manajemen Konflik Kepala Ruangan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tk. III Reksodiwiryo Padang. NERS Jurnal Keperawatan, 15(2), 155. https://doi.org/10.25077/njk.15.2.155-162.2019
Ika, W. C., Enie, N., & Sri, P. (2019). Optimalisasi Manajemen Konflik: Perilaku Asertif Dalam Keperawatan Conflict Management Optimization: Asertive Behavior In Nursing. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 2, 111–120. http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JOH%0AOptimalisasi
Intansari, Putri Kania & Ardani, Muhammad Hasib (2021) Kajian Literatur Pengaruh Konflik terhadap stress kerja Perawat Instalasi Gawat Darurat. Publikasi Ilmiah UMS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/12665
Kristan, K., Hidayah, N., & Farid Abidin, M. (2020). Strategi Manajemen Konflik Dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Keperawatan Kota Makassar. Jurnal Kesehatan, 13(2), 97. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v13i2.17754
Labrague, L. J., & McEnroe – Petitte, D. M. (2017). An integrative review on conflict management styles among nursing students: Implications for nurse education. Nurse Education Today, 59(May 2017), 45–52. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.001
Lahana, E., Tsaras, K., Kalaitzidou, A., Galanis, P., Kaitelidou, D., & Sarafis, P. (2019). Conflicts management in public sector nursing. In (Vol. 12, pp. 33-39): Taylor & Francis
Mardiyanthi, Indah, Elly Lilianty Sjattar, Andi Masyitha Irwan (2019). Literatur Review: Konflik dan Manajemen Konflik di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. Vol 4 No. 2. http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v4i2.3190
Martins, M. M., Trindade, L. de L., Vandresen, L., Amestoy, S. C., Prata, A. P., & Vilela, C. (2020). Conflict management strategies used by Portuguese nurse managers. Revista Brasileira de Enfermagem, 73(Suppl 6), e20190336. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2019-0336
Ozkan Tuncay, F., Yasar, O., & Sevimligul, G. (2018). Conflict management styles of nurse managers working in inpatient institutions: the case of Turkey. J Nurs Manag, 26(8), 945-952. doi:10.1111/jonm.12609
Oktoviyani, Anisah, P. (2022). Hubungan Manajemen Konflik (Kolaborasi Dan Negosiasi) Kepala Ruangan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di RS Taman Harapan Baru. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.
Suganda, T., Khoirul Huda, K., Suwahyu, R., Septiani, N., Islam Negeri Raden Intan Lampung, U., Kunci, K., (2022). Gaya Manajemen Konflik Perawat Manajer di Rumah Sakit: Implikasi Manajemen Keperawatan di Masa Pandemi Covid-19. Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing, 3, 1–11. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/ASJN
Yuwanich, N., Akhavan, S., Nantsupawat, W., & Martin, L. (2017). Experiences of Occupational Stress among Emergency Nurses at Private Hospitals in Bangkok, Thailand. Open Journal of Nursing, 07(06), 657–670. https://doi.org/10.4236/ojn.2017.7604 9
Ylitörmänen RN, MSc, PhD (c), T., Kvist RN, PhD, T., & Turunen RN, PhD, H. (2015). A Web-Based Survey of Finnish Nurses’ Perceptions of Conflict Management in Nurse-Nurse Collaboration. International Journal of Caring Sciences, 8(2), 263–273.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pinandhika Jayawisastra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.