Determinan Keikutsertaan Perawat dalam Continuing Professional Development
DOI:
https://doi.org/10.58467/ijons.v4i2.160Kata Kunci:
Continuing Professional Development (CPD), Lingkungan Kerja, Manajemen, Perawat, Sistem Interaksi Imogene KingAbstrak
Continuing Professional Development (CPD) diperlukan seluruh perawat dalam mendukung kompetensi profesi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor paling dominan yang berhubungan dengan keikutsertaan perawat mengikuti CPD. Desain penelitian menggunakan pendekatan Cross Sectional melibatkan 186 perawat di rumah sakit swasta tipe B di Jakarta Timur. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang dimodifikasi dari Modified Questionnaire-Professional Development of Nurses (Modified Q-PDN) untuk mengukur keikutsertaan perawat dalam kegiatan CPD (Cronbach alpha= 0,926) dan kuesioner faktor determinan dikembangkan oleh peneliti merujuk pada teori sistem interaksi Imogene King (Cronbach alpha= 0,957). Analisis bivariat menggunakan Spearman Rank dan analisis multivariat menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian: Faktor persepsi, citra diri, dukungan keluarga, dukungan teman sejawat, dukungan atasan, lingkungan kerja, dan dukungan organisasi berhubungan dengan keikutsertaan perawat dalam kegiatan CPD (p<0,05). Sedangkan usia, masa kerja dan level kompetensi ditemukan tidak berhubungan dengan keikutsertaan perawat dalam kegiatan CPD. Determinan yang paling dominan berhubungan dengan keikutsertaan perawat dalam kegiatan CPD adalah lingkungan kerja. Rekomendasi dari penelitian ini manajemen terus mengupayakan lingkungan kerja yang dapat mendukung motivasi perawat untuk mengikuti CPD.Referensi
Ahlquist, E. (2022). Canadian Perioperative Nurses' Engagement and Perceptions of Continuing Professional Development. ORNAC Journal, 40(4), 15-26,30-43. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/canadian-perioperative-nurses-engagement/docview/2758663349/se-2
Anggraini, D., Dasat, M., & Manao, S. R. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Perawat Melanjutkan Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19 pada Alumni Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas “X” Jakarta Barat. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, March 2023, 1–9. https://doi.org/10.20527/dk.v11i1.154
Ariadi, H., Arbainah, & Isnawati. (2022). Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Pengembangan Profesional Berkelanjutan Perawat. Journal Nursing Army, 3(2), 41–51.https://www.journal.akperkesdam6tpr.ac.id/index.php/JOJS/article/view/41
Brekelmans, G., Maassen, S., Poell, R. F., & van Wijk, K. (2015). The Development and Empirical Validation of the Q-PDN: A Questionnaire Measuring Continuing Professional Development of Nurses. Nurse Education Today, 35(1), 232–238. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.09.007
Brekelmans, G., Poell, R. F., & van Wijk, K. (2013). Factors Influencing Continuing Professional Development: A Delphi Study Among Nursing Experts. European Journal of Training and Development, 37(3), 313–325. https://doi.org/10.1108/03090591311312769
Fatiyah, F., Hariyati, Rr. T. S., & Rusdiyansyah, R. (2022). Optimalisasi Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan Melalui Implementasi Diskusi Refleksi Kasus (DRK). Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 878–886. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3513
Fronczek, A. E. (2022). Ushering in a New Era for King’s Conceptual System and Theory of Goal Attainment. Nursing Science Quarterly, 35 (I), 1–3. https://doi.org/10.3928/02793695
Fronczek, A. E., Rouhana, N. A., & Kitchin, J. M. (2017). Enhancing Telehealth Education in Nursing: Applying King’s Conceptual Framework and Theory of Goal Attainment. Nursing Science Quarterly, 30(3), 209–213. https://doi.org/10.1177/0894318417708418
Gerdes, M. (2018). Teaching-Learning Strategy for Promoting Student Success: Asynchronous Post-Exam Reflections. Nursing Science Quarterly, 31(4), 335–339. https://doi.org/10.1177/0894318418792876
Hidayat, N., Asniar, & Tahlil, T. (2022). Pengembangan Profesional Perawat Rumah Sakit Umum Daerah. Faletehan Health Journal, 09(3), 314–319. www.journal.lppm-stikesfa.ac.id/ojs/index.php/FHJ
Hariyati, Rr. T. S., & Safril, S. (2018). The Relationship Between Nurses’ Job Satisfaction And Continuing Professional Development. Enfermeria Clinica. www.elsevier.es/enfermeriaclinicawww.elsevier.es/enfermeriaclinica
Hariyati, R. T. S., Igarashi, K., Fujinami, Y., Susilaningsih, S., & Prayetni. (2017). Correlation between Career Ladder, Continuing Professional Development and Nurse Satisfaction: A Case Study in Indonesia. In International Journal of Caring (Vol. 10). www.internationaljournalofcaringsciences.org
King, R., Taylor, B., Talpur, A., Jackson, C., Manley, K., Ashby, N., Tod, A., Ryan, T., Wood, E., Senek, M., & Robertson, S. (2021). Factors that Optimise the Impact of Continuing Professional Development in Nursing: A Rapid Evidence Review. In Nurse Education Today (Vol. 98). Churchill Livingstone. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104652
King, I. M. (2007). King’s Conceptual System, Theory of Goal Attainment, and Transaction Process in the 21st century. In Nursing Science Quarterly (Vol. 20, Issue 2, pp. 109–111). https://doi.org/10.1177/0894318407299846
Metalita, E., Handiyani, H., & Kuntarti. (2022). Determinan Minat Menjadi Perawat Intensif. Tesis
Mlambo, M., Silén, C., & McGrath, C. (2021). Lifelong Learning and Nurses’ Continuing Professional Development, A Metasynthesis of the Literature. BMC Nursing, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12912-021-00579-2
Muhadi, & Wahyuni, T. (2020). Optimalisasi Program Continuing Professional Development (CPD) untuk Mendukung Peningkatan Kompetensi dan Karir Perawat RSI Surabaya. In Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (Vol. 5, Issue 2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Nilasari, P., Saraswasta, I. W. G., Agustina, F. U., Ayu, V., Pratiwi, L. A., & Afriani, T. (2021). Upaya Pengembangan Sumber Daya Keperawatan melalui CPD (Continuing Professional Development). Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 4(1). https://doi.org/10.32584/jkmk.v4i1.936
Purwanti, E. S., Hariyati, Rr. T. S., Asmara, A., & Wildani, A. A. (2023). Optimalisasi Pelaksanaan Pengembangan Profesional Berkelanjutan Bagi Perawat. Journal of Telenursing, 5, 3719–3727. DOI: https://doi.org/10.31539/joting.v5i2.7769
Rahardjo, S. A., Nurachmah, E., & Herawati, T. (2020). Analisis Praktik Residensi Keperawatan Medikal Bedah Pada Pasien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskuler dengan Pendekatan Teori Imogene King di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta: Karya ilmiah akhir
Rahmah, N. M., Sri Hariyati, R. T., & Sahar, J. (2022). Nurse’s Efforts to Maintain Competence: A Qualitative Study. Journal of Public Health Research, 11(2). https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2736
Rif’ah, N., Dewi, S., & Anindita, R. (2022). Theory of Planned Behaviour untuk Menganalisis Perilaku Perawat dalam Pengembangan Berkelanjutan Keprofesian Keperawatan (Continuing Professional Development). Jurnal Health Sains, 3(3), 460–476. https://doi.org/10.46799/jhs.v3i3.443
Silitonga, Y. B., Hariyati, R. T. S., & Pujasari, H. (2022). Hubungan Continuing Profesional Development (CPD) Melalui Webinar dan Kompetensi Perawat. Tesis
Vázquez-Calatayud, M., Errasti-Ibarrondo, B., & Choperena, A. (2021). Nurses’ Continuing Professional Development: A Systematic Literature Review. In Nurse Education in Practice (Vol. 50). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102963
Wulandari, A. R. E., Hariyati, Rr. T. S., & Dewi, L. (2022). Peningkatan Karier Keperawatan Melalui Pengembangan Pendidikan Formal di RS X Jakarta: Pilot Study. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan. DOI: 10.20527/dk.v10i1.4
Wulandari, A. R. E., Hariyati, Rr. T. S., Handiyanti, H., Muhaeriwati, T., & Kuntarti. (2023). Pengalaman Perawat dalam Program Peningkatan Pendidikan Formal. Jurnal Keperawatan Silampari, 6. https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.4344
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Enny Sri Purwanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











khj.ac.id
(021) 27801509
politeknikkaryahusada