Anduan Pembelajaran Klinik Keperawatan: Inisiasi Pengembangan Peran Perawat Pendidik
Kata Kunci:
panduan, pembelajaran klinik, perawat pendidikAbstrak
Perawat pendidik memegang peran penting dalam pembelajaran klinik keperawatan di rumah sakit. Perawat pendidik merancang pembelajaran berkualitas tinggi untuk perawat dan mahasiswa keperawatan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk menginisiasi pengembangan peran perawat pendidik melalui panduan pembelajaran klinik keperawatan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan action research. Temuan menunjukkan bahwa peran clinical care manager sebagai perawat pendidik, mampu memahami kebutuhan pendidikan dan keterampilan keperawatan, merancang pembelajaran dan menerapkan temuan penelitian untuk meningkatkan asuhan keperawatan. 80% perawat merasa nyaman dengan budaya belajar, lingkungan kerja yang kondusif untuk belajar serta tingginya motivasi belajar perawat. 84% perawat menyatakan puas terhadap metode pembelajaran klinik yang diberikan oleh perawat pendidik seperti ronde asuhan keperawatan, laporan kasus, journal reading, bed side teaching, one day one clinical question, preceptorship-mentorship-coaching yang dilakukan secara rutin minimal satu bulan sekali. Namun saat ini belum ada panduan pembelajaran klinik keperawatan yang dapat menjadi acuan bagi perawat pendidik sehingga peran perawat pendidik belum dikembangkan secara optimal. Kesimpulan: Dukungan dari bidang keperawatan, komite keperawatan maupun manajemen rumah sakit diperlukan untuk merancang panduan pembelajaran klinik keperawatan untuk mengembangkan sepenuhnya peran perawat pendidik dalam pendidikan keperawatan di rumah sakit.
Referensi
Agomoh, C. J., Brisbois, M. D., & Chin, E. (2020). A mapping review of clinical nurse leader and nurse educator transitional care skills and competencies. Nursing Outlook, 68(4), 504–516. https://doi.org/10.1016/j.outlook.2020.02.003
Alomari, A., Wilson, V., & Lewis, J. (2020). Action research: A mechanism for active engagement of clinical nurses in a program of research. Nursing and Health Sciences, 22(3), 539–547. https://doi.org/10.1111/nhs.12690
Cazzell, M., & Anderson, M. (2016). Simulation with senior nursing students. Nursing Perspective Education, 37(2), 83–90. https://doi.org/10.5480/15-1553
Gatewood, E., & De Gagne, J. C. (2019). The one-minute preceptor model: A systematic review. Journal of the American Association of Nurse Practitioners, 31(1), 46–57. https://doi.org/10.1097/JXX.0000000000000099
Gcawu, S. N., van Rooyen, D. (R M. )., Jordan, P., & ten Ham-Baloyi, W. (2021). Clinical teaching practices of nurse educators at a public college of nursing in South Africa: A survey study. Nurse Education in Practice, 50(May 2019), 102935. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102935
Herron, E. K. (2018). New graduate nurses’ preparation for recognition and prevention of failure to rescue: A qualitative study. Journal of Clinical Nursing, 27(1–2), e390–e401. https://doi.org/10.1111/jocn.14016
Huber, D.L. (2010). Leadership and Nursing Care Management. 4th edition. Missouri: Elsevier Inc.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/425/2020 tentang Standar Profesi Perawat
Marquis, B., & Huston, C. (2017). Leadership Roles and Management Functions in Nursing: Theory and Application (9th ed.). Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins.
Ni, J., Wu, P., Huang, X., Zhang, F., You, Z., Chang, Q., & Liao, L. (2022). Effects of five teaching methods in clinical nursing teaching: A protocol for systematic review and network meta-analysis. PLoS ONE, 17(8 August), 1–6. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0273693
Yulistika, D. (2022). Metode Pembelajaran Klinik pada Praktik Profesi Mahasiswa Keperawatan Clinical Learning Methods In Professional Practice of Nursing Students. Falatehan Health Journal, 9(1), 37–42.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rizky Indriasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.